Monday 25 November 2013

ILMU DAN AMAL

Ilmu dan Amal...

Nabi saw .Bersabda :

Artinya :"Barang siapa mengerjakan dengan apa yang diketahuinya, niscaya dipusakakan Allah kepadanya ilmu pengetahuan yang belum diketahuinya (1.Diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

Pada setengah kitab-kitab lama tersebut: "Hai Bani Israil!.Janganlah kamu mengatakan : ilmu itu di langit, siapakah yang menurunkannya ke bumi?

Janganlah kamu mengatakan ilmu itu dalam perut bumi, siapakah yang mengeluarkannya keatas bumi? 

Dan jangan kamu mengatakan di seberang lautan, siapakah yang membawanya? 

Ilmu itu dijadikan dalam hatimu. Beradablah dihadapanKu dengan adab ruhaniawan (ruhaniyyin)! 

Berbudi-pekertilah kepadaKu dengan budi-pekerti shiddiqin.

Niscaya Aku lahirkan ilmu itu dalam hatimu, sehingga menutupkan kamu dengan kebaikan dan kelebihan ilmu".

Berkata Sahl bin Abdullah At-Tustari ra. : "Keluarlah orang-orang berilmu (ulama), orangorang beribadah (ubbad) dan orang-orang zuhud (zuhhad) dari dunia ini. 

Hati mereka terkunci dan tidak terbuka, selain hati orang-orang shiddiqin dan syuhada (orang-orangsyahid)".

Kemudian Sahl membaca firman Allah Ta'ala :
Artinya :"Dan di sisi Allah kunci-kunci perkara yang ghaib, tidak ada yang tahu, selain Allah (S. Al-An'am, ayat 59).

Jikalau tidaklah pengetahuan hati dari orang yang berhati dengan nur bathin, yang menjadihakim atas ilmu dhahir, tentu tidaklah

Nabi saw Bersabda 
Artinya :"Mintalah fatwa kepada hatimu, walaupun orang lain telah berfatwa kepadamu,telah berfatwa kepadamu, telah berfatwa kepadamu!".

Nabi saw .bersabda akan wahyu hadis Qudsi dari Tuhannya Yang Maha Tinggi :

Artinya :"Senantiasalah hambaKu mendekatkan dirinya kepadaKu dengan amal ibadah sunnah, sehingga Aku sayang kepadanya. Apabila Aku telah sayang kepadanya, maka adalah Aku pendengarannya, dimana ia mendengar dengan pendengaran itu .

Berapa banyak pengertian-pengertian yang halus dari rahasia-rahasia Al-Qur'an yang terguris dalam hati orang-orang yang berdzikir dan berfikir kepada Tuhan semata-mata, yang tidak disebutkan dalam kitab-kitab tafsir dan tidak sampai kepadanya pandangan ahliahli tafsir yang utama.

No comments:

Post a Comment